Manfaat Dan Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan

Kongsikan di


Manfaat Dan Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan - Mandi malam adalah aktivitas yang asing dan jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun karena beberapa faktor menyebabkan orang melakukan mandi dimalam hari seperti pulang kerja dimalam hari, kehujanan dimalam hari, berkeringat atau lain sebagainya yang membuatnya harus mandi di malam hari.

Mandi dimalam hari sendiri sering dianggap tidak baik karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu banyak orang tua yang selalu melarang anaknya melakukan mandi di malam hari. Hal itu memang tidak sala, karena memang mandi malam dapat menyebabkan berbagai penyakit, namun mandi malam juga memiliki manfaat bagi sebagian orang.

Nah berbicara tentang mandi malam, kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat dan bahaya dari mandi malam. Berikut manfaat dan bahaya mandi malam.


Manfaat mandi malam

1. Memberikan kesegaran
Tubuh yang lemas dan penat akibat pekerjaan sepanjang hari akan menjadi segar kembali dengan mandi, Air dimalam hari juga terasa lebih dingin sehingga akan terasa lebih segar dibanding pagi hari.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, anda bisa mandi malam untuk mengatasinya. Mandi malam dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun meskipun demikian, anda juga tidak disarankan untuk mandi malam setiap hari.

3. Badan menjadi bersih
Tidak hanya mandi malam saja, mandi di pagi hari atau sore hari juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh. Hal ini memang mandi bermanfaat untuk membuat tubuh atau badan menjadi bersih.

4. Otot menjadi rileks
Kerja sepanjang hari akan membuat otot terasa kaku, nah anda bisa membuat otot kembali rileks dengan cara mandi malam. Meskipun demikia, anda jangan melakukannya terlalu sering

5. Mengatasi insomnia
Insomnia atau kesulitan tidur juga dapat diatasi dengan mandi malam. Ketika anda kesulitan tidur malam. Cobalah anda mandi dengan air hangat sebelum tidur, mandi dengan air hangat dimalam hari akan membuat tidur menjadi nyenyak.

Bahaya dari mandi malam hari

 Seperti yang dikatakan banyak orang jika tidur dimalam hari dapat menyebabkan berbagai penyakit. Hal itu memang benar, nah berikut beberapa bahaya atau penyakit yang timbul akibat mandi malam.

1. Menyebabkan penyakit rematik
Bahaya pertama yang disebabkan oleh kebiasaan mandi malam adalah penyakit rematik. Penyakit rematik adalah penyakit yang terjadi pada peradangan sendi. Oranga akan merasakan nyeri pada persendian tulangnya. Biasanya sendi akan terasa kaku dipagi hari, daerah persendian akan terasa hangat ketika diraba, dan menurunnya fungsi sendi yang terkena.
2. Paru-paru basah
Banyak yang menganggap mandi dimalam hari menyebabkan paru-paru basah hanyalah mitos belaka. Namun faktanya memang mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah. Suhu yang dingin sekaligus air yang dingin yang menjadi penyebab paru-paru basah. Biasanya penderita akan mengalami batuk berhadak, sulit bernafas, menggigil dan lain sebagainya.

3. Menyebabkan demam
Pada malam hari tubuh akan mengalami peningkatan suhu sehingga pori-pori kulit akan ikut terbuka. Nah ketika mandi malam menggunakan air dengan suhu rendah atau dingin, pori-pori kulit akan menyangga dan menyerap air dingin tersebut, dan tubuh akan mengalami kondisi panas dan dingin sekaligus sehingga menyebabkan tubuh menjadi demam, pilek dan lain sebagainya.

4. Mandi malam menyebabkan masuk angin
Hampir sama dengan penjelasan diatas jika mandi malam membuat suhu tubuh yang panas berbenturan dengan suhu tubuh yang dingin, akibatnya tubuh tidka kuat dan menyebabkan demam juga masuk angin.

5. Metabolisme tubuh terganggu
Ketika dimalam hari suhu tubuh menjadi panas, dan tubuh menjadi lemah karena aktifitas seharian. Dengan mandi malam mungkin akan membuat tubuh menjadi segar kembali, namun hal itu justru menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, jika tubuh tak kuat dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pilek, demam atau masuk angin.

6. Gangguan tidur
Mandi dengan air hangat dimalam hari mungkin akan membuat tidur anda lebih nyenyak. Namun sebaliknya, mandi malam menggunakan air dingin justru akan membuat anda kesulitan tidur, tubuh yang sudah lemas akan kembali segar setelah anda mandi di malam hari sehingga rasa ngantu menjadi hilang.

7. Menyebabkan penuaan dini
Penuaan dini merupakan momok paling menakutkan bagi wanita, hal dikarenakan penuaan dini dapat merusak penampilan. Nah tahukan anda jika ternyata, mandi malam juga dapat menyebabkan penuaan dini. Air dingin di malam hari akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, dan hal ini akan berpengaruh pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi keriput.



loading...

1 Response to "Manfaat Dan Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan"


  1. ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
    mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com

    ReplyDelete

Didakwah